SUBULANA
Vol. 1 No. 1 (2017): Subulana September 2017

G Guru dalam Era Pembelajaran Digital: Sebuah analisis teoretik

Moh Ayyub Musthofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2017

Abstract

Abstrak:Sejak berkembangnya teknologi infomasi dan komunikasi, banyak klaim dari para teknolog pembelajaran bahwa peran guru akan semakin berkurang dan bahkan berakhir, namun klaim- klaim tersebut sampai saat ini tidak terbukti meskipun teknologi semakin canggih, di mana pembelajaran dengan bantuan media interaktif berbasis komputer memungkinkan bagi pebelajar untuk melakukan aktifitas belajar tanpa bantuan dari guru. Di samping itu model-model pembelajaran juga memberikan dukungan terhadap bentukpembelajaran yang semakin individual. Salah satunya adalah personilezed learning yang memberi kesempatan setiap pebelajar untuk maju dan berkembang menurut kecepatan dan kemampuan mereka masing–masing. Pebelajar dapat belajar dan menguasai materi sesuai dengan keinginan tanpa terkendala oleh perkembangan pebelajar lainnya. Dengan demikian, gabungan antara kecanggihan teknologi multimedia interaktif dan model pembelajaran individu semakin menguatkan asumsi bahwa peran guru akan berakhir di masa yang akan datang.Oleh karenanya tulisan ini ingin mengakaji apakah kekhawatiran tersebut memang relevan secara teoretik maupun praktik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Subulana

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Subulana (Journal of Islamic education studies) print-ISSN: 2598-0254 online-ISSN: 2598-2842. This journal published by institute for research and community service (LP2M) STIT MIftahul Ulum Bangkalan. This journal is published twice a year every March and September. This journal contains conceptual ...