ABSTRAK: artikel ini dimaksudkan untuk menjelaskan (1) pengertian metakognitif, (2) elemen-elemen metakognitif dan (3) penerapan metakognitif dalam pembelajaran. Istilah metakognitif diperkenalkan oleh flavel tahun 1976, bahwa metakognitif merupakan pengetahuan (knowledge) atau regulasi (regulation) pada suatu aktifitas kognitif seseorang dalam proses belajar. model monitoring metakognitif dibagi menjadi empat, yaitu: (a) pengetahuan metakognitif, (b) pengalaman metakognitif, (c) tugas atau tujuan, dan (d) strategi. Sedangkan elemen-elemen utama keterampilan metakognitif adalah keterampilan merencanakan, keterampilan memonitor, dan keterampilan mengevaluasi dalam proses berpikir. Melalui teori metakognitif, Bloom menjabarkan taxonomy yang berupa kata kerja operasional yang dapat memudahkan pembelajar merancang rencana pembelajarnya. Bagi siswa mengembangkan potensi kognitif dapat menghadapi permasalan dalam belajar maupun kehidupan. Melalui pengembangan metakognitif siswa diharapkan terbiasa merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi aktifitas belajarnya.
Copyrights © 2018