SUBULANA
Vol. 1 No. 2 (2018): Subulana March 2018

Metakognitif: Pengertian, Elemen, dan Penerapan dalam Pembelajaran

Nurul Iskandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2018

Abstract

ABSTRAK: artikel ini dimaksudkan untuk menjelaskan (1) pengertian metakognitif, (2) elemen-elemen metakognitif dan (3) penerapan metakognitif dalam pembelajaran. Istilah metakognitif diperkenalkan oleh flavel tahun 1976, bahwa metakognitif merupakan pengetahuan (knowledge) atau regulasi (regulation) pada suatu aktifitas kognitif seseorang dalam proses belajar. model monitoring metakognitif dibagi menjadi empat, yaitu: (a) pengetahuan metakognitif, (b) pengalaman metakognitif, (c) tugas atau tujuan, dan (d) strategi. Sedangkan elemen-elemen utama keterampilan metakognitif adalah keterampilan merencanakan, keterampilan memonitor, dan keterampilan mengevaluasi dalam proses berpikir. Melalui teori metakognitif, Bloom menjabarkan taxonomy yang berupa kata kerja operasional yang dapat memudahkan pembelajar merancang rencana pembelajarnya. Bagi siswa mengembangkan potensi kognitif dapat menghadapi permasalan dalam belajar maupun kehidupan. Melalui pengembangan metakognitif siswa diharapkan terbiasa merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi aktifitas belajarnya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Subulana

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Subulana (Journal of Islamic education studies) print-ISSN: 2598-0254 online-ISSN: 2598-2842. This journal published by institute for research and community service (LP2M) STIT MIftahul Ulum Bangkalan. This journal is published twice a year every March and September. This journal contains conceptual ...