ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui metode bermain bola bernomor anak kelompok B TK Islam Terpadu Nurul Hidayah Sampang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Data diambil dari anak kelompok B TK Islam Terpadu Nurul Hidayah Sampang tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 30, laki-laki 18 dan perempuan 12 anak. Hasil penelitian pada siklus I mencapai sebesar 43,30%, belum mengalami peningkatan dari pra siklus. Pada siklus II, tingkat keberhasilan mencapai 75,30%, melampuai standar yang ditetapkan sebesar 70%. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kemampuan anak dalam melaksanakan pembelajaran mengenal lambang bilangan di antaranya: (1) faktor kematangan, (2) faktor pembentukan, (3) faktor minat dan bakat, dan (4) faktor kebebasan. Guru dapat menstimulasi kemampuan siswa dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan permainan edukatif yang sering di gunakan anak usia dini, namun diperlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam melatih untuk memusatkan perhatian anak. Oleh karana itu, pembelajaran model bermain bola bernomer dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di TK Islam Terpadu Nurul Hidayah Sampang tahun pelajaran 2017/2018, serta dapat digunakan di tempat lain yang memiliki latar kondisi yang sama.
Copyrights © 2018