SUBULANA
Vol. 2 No. 1 (2018): Subulana September 2018

Penggunaan Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII MA Al-Khatibiyah Modung Bangkalan 2017/2018

Amir Hamzah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2018

Abstract

ABSTRAK: Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar PAI setelah diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah? Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI degan metode belajar aktif model pengajaran terarah dan peningkatan hasil belajar PAI setelah diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII MA Al-Khatibiah Modung Bangkalam. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,63%), siklus II (75,00%), siklus III (87,50%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode belajar aktif model pengajaran terarah berdampak positif terhadap prestasi belajar Siswa kelas VII MA Al-Khatibiyah Modung Bangkalan 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Subulana

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Subulana (Journal of Islamic education studies) print-ISSN: 2598-0254 online-ISSN: 2598-2842. This journal published by institute for research and community service (LP2M) STIT MIftahul Ulum Bangkalan. This journal is published twice a year every March and September. This journal contains conceptual ...