SUBULANA
Vol. 2 No. 2 (2019): Subulana March 2019

Penggunaan Blended Learning (Metode Group Investigasi dengan Media Online) untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Masalah Pelajaan PAI Siswa Kelas X SMAN 1 Sreseh Sampang Tahun 2018/2019

Ach. Fauzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2019

Abstract

ABSTRAK: Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar analisis masalah setelah diterapkannya Blended Learning (Metode Grup Investigasi dan Media Online)? Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pelaksanaan pembelajaran menganalisis masalah dengan pendekatan Blended Learning (Metode Grup Investigasi dan Media Online) dan peningkatan hasil belajar analisis masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) kolaboratif sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sreseh Sampang dengan standar capaian yang diharapkan secara klasikal sebesar 85%. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,63%), siklus II (75,00%), siklus III (87,50%). Simpulan dari penelitian adalah Blended Learning (Metode Gruop Investigasi dan Media Online) dapat meningkatkan hasil belajar analisis masalah siswa kelas X SMAN 1 Sresesh Sampang Tahun 2018/2019

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Subulana

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Subulana (Journal of Islamic education studies) print-ISSN: 2598-0254 online-ISSN: 2598-2842. This journal published by institute for research and community service (LP2M) STIT MIftahul Ulum Bangkalan. This journal is published twice a year every March and September. This journal contains conceptual ...