ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kemampuan guru PAI SMP Al-Khatibiyah Modung Kedungdung Bangkalan dalam menerapkan pembelajaran pendekatan saintifik K-13. Metode yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan teknik pengumpulan data dengan sebaran angket skala likert rentang 1-5. Jumlah soal sebanyak 7 item soal tentang kemampuan pedagogik guru menerapkan pendekatan saintifik. Kemudian dilakukan wawancara semiterstruktur, Observasi dan studi dokumentasi untuk mendukung hasil temuan, data diolah dengan mencari rata-rata skor (mean), kemudian dilakukan anlisis deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh dari 5 responden dihitung rata-rata jawaban responden maka hasil penghitungan mean 96 : 7 = 13,71 : 5 = 2,7 maka nilai 2,7 adalah Kurang. Hal yang harus dilakukan adalah (1) secara berkala dilakukan pelatihan-pelatihan internal di lingkungan SMP Al-Khatibiyah tentang kemampuan pedagogik guru PAI (2) guru didorong untuk mengikuti siminar atau workshop pengembagan diri berkaitan dengan kemampuan pembelajaran pendekatan saintifik, (3) kepala sekolah menampung semua masukan dari guru dan melakukan assesmen skala prioritas terhadap kebutuhan pengembangan sekolah berkaitan dengan sarana pembelajaran saintifik, dan (4) kepala sekolah melakukan pengawasan internal dan melakukan penilaian secara berkala dan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan guru.
Copyrights © 2019