metode Nubdzah al-Bayan ini sangat membantu dan meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning, yang mana hal ini lebih menekankan dalam penguasaan qoidah-qoidah nahwu, sharraf dan I’lal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Sumber data di peroleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi dan menggunakan referensi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pembelajaran Nubdzah al-Bayan dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning ini lebih mengupayakan dan mengutamakan santri khususnya, dengan mendalami dan menguasai ilmu Nahwu Shorfiyyah untuk dapat memahami dan membaca kitab klasik, selain itu Nubdzah al-Bayan yang terdiri dari 5 jilid dibagi sesuai tingkatan kelas dan proses belajarnya nya tidak menetap pada satu tempat. Kedua, pelaksanaan pembelajaran Nubdzah al-Bayan selalu di lakukan tanya jawab baik di awal maupun di akhir pembelajaran seputar materi yang telah dijelaskan, selanjutnya kegiatan belajar mengajar seperti biasa dan pembacaan Nadzoman. Ketiga, Hasil pembelajaran Nubdzah al-Bayan dapat dilihat dari kemampuan santri ketika di lakukan test baca kitab kuning, kemudian hasil akhir dari pembelajaran Nubdzah al-bayan ini apabila sudah di wisuda.
Copyrights © 2020