Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 1, No 1 (2020): April

Pendampingan Pembelajaran Matematika Dengan Media Doratic Terhadap Siswa Penyandang Dissabilitas Tuna Grahita

Achmad Hidayatullah (Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSurabaya)
Amirul Latif (Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSurabaya)
Dewi Herawati (Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSurabaya)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2020

Abstract

Pengabdian ini berupa pendampingan pembelajaran matematika dengan media Doratic (Doll Train Mathematics) terhadap anak penyandang dissabilitas tuna grahita di Yayasan Pendidikan Luar Biasa Alpa Kumara Wardhana Surabaya. Pelaksanaan pengabdian dimulai dengan pembuatan media doratic berbentuk boneka kereta bangun ruang yang terdiri dari kubus, balok, kerucut, tabung, limas segitiga dan limas segiempat. Hasil dari pengabdian  ini diperoleh dari observasi terhadap aktivitas siswa, respon siswa dan hasil post tes yang dilakukan dua kali. Berdasarkan aktivitas siswa, mereka dominan dalam bermain dengan menggunakan Doratic dengan prosesntase 30 %, sedangkan respon siswa 47,5%, siswa menjawab setuju (S) 46,3%, siswa menjawab tidak setuju (TS) 6,3%. Sehingga disimpulkan Media ini sangat menarik dan mendukung proses belajar siswa. Hasil post test menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran siswa sehingga mencapai kriteria ketuntasan minimal. Sebanyak 90,48% siswa yang tuntas belajar dan sebanyak 9,52%  siswa tidak tuntas belajar. Nilai rata-rata pada pertemuan ke 3 adalah 76,14.Kata Kunci: Doratic, Pembelajaran, Matematik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

HMN

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Public Health

Description

Humanism merupakan jurnal pengabdian masyaraka multidisiplin ilmiah. Jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya ini diharapkan menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian kalangan akdemisi ataupun peneliti. Artikel yang dimuat dalam jurnal humanism berbentuk pengabdian masyarakat ...