Manarul Qur'an: Jurnal Ilmiah Studi Islam
Vol 18 No 2 (2018): Manarul Qur'an

INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ‘ILM AL-ASHWAT (Studi kasus terhadap mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UNSIQ Wonosobo)

Chairani Astina (PBA UNSIQ)
Rifqi Aulia Rahman (PBA UNSIQ)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Konsep dasar internalisasi nilai-nilai karakter adalah suatu prosesmemasukkan nilai atau memasukkan sikap ideal yang sebelumnyadianggap berada di luar, agar tergabung dalam pemikiran seseorang dalampemikiran, keterampilan dan sikap pandang hidup seseorang. Penanamannilai-nilai karakter yang menjadi aktualisasi visi dan misi universitasmendapat banyak hambatan dan rintangan. Hal itu dikarenakanpendekatan dan metode penanaman nilai-nilai karakter di dalam kelasperkuliahan hanya melalui metode ceramah atau mengajarkan konsepkonsep.Jadinya, nilai-nilai karakter tersebut bukan untuk diterapkan dandibiasakan, namun sekedar untuk dipahami dan dihafal. Penelitian inimengidentifikasi butir-butir nilai karakter yang ditanamkan dalam prosespembelajaran dan materi ajar ‘ilm al-ashwat. Begitu juga dengan metodeinternalisasi nilai-nilai tersebut dalam proses pembelajaran ‘ilm al-ashwat.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran ‘Ilm alashwatterdapat beberapa nilai karakter yang ditanamkan kepadamahasiswa. Nilai-nilai karakter tersebut terbagi menjadi dua kategori:Pertama, nilai-nilai karakter yang tersirat dalam metode pembelajaran ‘ilmal-ashwat yang meliputi : Percaya diri ( الثقة بالنفس ), Tanggung jawabمسئولية) ), Gemar membaca ( حب القراءة ), Menghargai prestasi ( (تقدير الإنجازdan Rasa ingin tahu ( حب الإستطلاع ). Kedua, nilai-nilai karakter yang tersiratdalam materi ajar ‘ilm al-ashwat yang meliputi : jujur ( الصدق ), disiplinالإنضباط) ), Komunikatif ( الإتصالي ) dan Religius ( الموقف الديني ). Selanjutnya,proses internalisasi nilai-nilai karakternya: Pertama, menggunakan metodeketeladanan, menentukan prioritas,dan Refleksi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mq

Publisher

Subject

Religion

Description

Manarul Quran adalah terbitan berkala ilmiah dengan nomor ISSN 1412-7075 (print), 2615-4811 (online) yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo, jurnal ini terbit sejak tahun 2001. Manarul Quran merupakan wahana desiminasi hasil riset ...