Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi)
Vol 1, No 1 (2020): Juni

Pengaruh Personal Branding dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Kuantitatif BTS dan Album Love Yourself pada Fandomnya Army Bandung)

Rezki Mutiara Indah (Universitas Sangga Buana)
Reza Saeful Rachman (Universitas Sangga Buana)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Personal Branding BTS terhadap keputusan pembelian album Love yourself, (2) pengaruh Citra Merek Album Love Yourself terhadap keputusan pembelian album Love Yourself, dan (3) pengaruh Personal Branding BTS dan Citra Merek Album Love Yourself terhadap keputusan pembelian Album Love Yourself. Metode penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Fans Kpop Fandom BTS yang bernama ARMY di Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 139 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) Personal Branding BTS berpengaruh signifikan, dibuktikan dari t hitung sebesar 0,421 dengan nilai signifikan sebesar 0,681 lebih besar dari 0,05(0,681>0,05), dan koefesian regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,040; (2) Citra Merek Album Love Yourself berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian album Love Yourself, dibuktikan dari nilai thitung sebesar 5,736 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000<0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 1,495; dan (3) Personal Branding BTS dan Citra Merek Album Love Yourself secara stilmutan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Album Love Yourself, dibuktikan dengan hasil nilai Fhitung sebesar 71,520 dengan signifikansi sebesar 0,000 (0,000<0,05).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

buanakomunikasi

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi) is a scientific journal published by the Sangga Buana YPKP Social and Political Science Study Program with p-ISSN 2774-2342,e-ISSN 2774-2202 published 2 times and 1 year (June-December). The articles published have gone through the ...