Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi)
Vol 1, No 1 (2020): Juni

Makna Logo Rumah Zakat (Studi Kualitatif dengan Pendekatan Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Logo Rumah Zakat)

Muhammad Derizis (Universitas Sangga Buana)
Erwan Komara (Universitas Sangga Buana)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Pokok permasalahan pada penelitian ini yaitu terdapatnya beberapa simbol pada sebuah logo yang di dalamnya mengandung makna-makna. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna denotasi logo, makna konotasi logo, dan tanda-tanda yang menyebabkan adanya makna mitos pada logo Rumah Zakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika. Teori mitologi dan semiologi yang digunakan adalah teori mitologi dan semiologi Roland Barthes. Teori mitologi dan semiologi Roland Barthes signifikasi dua tahapnya yaitu pada tatanan pertama yang terdiri dari makna denotatif dan makna konotatif, sedang tatanan kedua mengkaji mengenai mitos. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya makna denotatif, makna konotatif, serta makna mitos pada logo Rumah Zakat. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

buanakomunikasi

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi) is a scientific journal published by the Sangga Buana YPKP Social and Political Science Study Program with p-ISSN 2774-2342,e-ISSN 2774-2202 published 2 times and 1 year (June-December). The articles published have gone through the ...