Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1, No 1 (2019)

Optimalisasi Pembelajaran Keterampilan Menyimak Berita di SMPI Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan

Toyyibah, Toyyibah (Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura)
Ayuanita, Kristanti (Tadris Bahasa Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan optimalisasi pembelajaran keterampilan menyimak berita di SMPI Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah fenomenologis.  Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, model, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1)  cara mengoptimalisasi keterampilan menyimak berita meliputi (a) memberikan latihan setiap satu minggu dua kali dengan memberikan tugas pekerjaan rumah, (b) memakai audio visual, (c) menyuruh siswa untuk membaca bahan simakan ke depan, dan (d) memberikan pendekatan individual terhadap peserta didik yang memiliki pola menyimak yang berbeda, (2)  problematika optimalisasi pembelajaran keterampilan menyimak berita meliputi (a) kehilangan konsentrasi, (b) keterbatasan media, (c) ruang kelas yang sempit, (d) faktor lingkungan, (e) keterbatasan IQ, (f) pembicara kurang menarik dan bahan ajar yang masih minim, dan (g) faktor fisik, serta (3)  solusi dari problematika keterampilan menyimak berita meliputi  (a) memaksimalkan bahan ajar, (b) memperbanyak praktik, seperti menyimak berita dan memberi tugas, (c) menyediakan media yang menarik atau bahan simakan yang menarik, dan (d) mempersiapkan penguasaan materi, media dan metode.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...