J-Eltrik
Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Eltrik Vol 1, No. 2, November 2019

Rancang Bangun Monitoring Sensor Carbon Brush Untuk Penulangan Dengan Metode Fuzzy Logic ( Studi Kasus Din Pt.Wika Beton)

Marzelly, Farid Amir (Program Studi Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura Jl. Raya Telang, PO Box 2 Kamal, Bangkalan – Madura)
Alfita, Riza (Program Studi Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura Jl. Raya Telang, PO Box 2 Kamal, Bangkalan – Madura)
Wibisono, Kunto Aji (Program Studi Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura Jl. Raya Telang, PO Box 2 Kamal, Bangkalan – Madura)
Haryanto, Haryanto (Program Studi Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura Jl. Raya Telang, PO Box 2 Kamal, Bangkalan – Madura)
ulum, miftahul (Program Studi Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura Jl. Raya Telang, PO Box 2 Kamal, Bangkalan – Madura)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2019

Abstract

Carbon brush mempunyai peranan penting dalam dunia industri, akan tetapi masih terdapat sejumlah orang yang masih tidak mengerti cara kerja dari carbon brush tersebut dan tidak mengetahui keadaan benda tersebut dalam keadaan baik atau sudah rusak terutama oleh pekerja. Kelemahan  pada saat  troubleshooting menyebabkan para pekerja hanya menerka-nerka saja untuk kerusakan yang dialami, hal itu dapat mengakibatkan putusnya serabut carbon brush sehingga motor akan bekerja lebih berat dengan sisa carbon brush yang ada. Maka dari permasalah tersebut dibuatlah sebuah alat untuk memantau kinerja carbon brush itu sendiri. Yakni “rancang bangun monitoring sensor carbon brush untuk penulangan pada PT.WIKA BETON” yaitu penerapan sensor suhu untuk mendeteksi suhu pada setiap carbon brush.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

je

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

J-Eltrik merupakan jurnal Teknik Elektro yang terbit secara berkala dua kali dalam setahun. Diterbitkan oleh Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah Surabaya. Scope J-Eltrik tentang hasi riset dibidang Elektronika, Listrik (Elektro), Telekomunikasi, Komputer, ...