Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS IV SDN 1 TANJUNG AGUNG KABUPATEN MUSI BANYUASIN

fahirun fahirun (SDN 1 Tanjung Agung)
Missriani Missriani (Universitas PGRI Palembang)
Yessi Fitriani (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas IV Sekolah Dasar melalui model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tes tertulis deskriptif melalui model pembelajaran langsung dan observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan setiap siklus. Siklus 1, rata-rata kemampuan menulis uraian siswa adalah 62,93 siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa. Siklus 2 berjumlah 68,99 dan siklus 3 berjumlah 81,82 siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa. Keaktifan belajar siswa siklus 1 keaktifan belajar siswa 24%, siklus 2 60% dan siklus 3 92%, siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa.Kata Kunci: Menulis deskripsi, Model Pembelajaran Langsung

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra In

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Pembahsi: journals learning language and Indonesian literature is a writing of research, study, and application of theory, conceptual ideas, as well as literature articles in the field of science education language and Indonesian ...