Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 1 No. 2 (2020): Journal On Teacher Education

DAMPAK EFIKASI DIRI TERHADAP PROSES & HASIL BELAJAR MATEMATIKA (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes)

Wahyu Fitra Ningsih (Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau)
Isnaria Rizki Hayati (Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2020

Abstract

Kompetensi dalam pemecahan masalah matematika tentunya harus dimiliki oleh setiap siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Banyak persepsi di kalangan peserta didik yang menyatakan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Oleh karena itu dalam hal ini, efikasi diri sangat diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. Efikasi diri merupakan keyakinan yang dimiliki oleh seseorang tentang seberapa besar kemampuan yang dimilikinya untuk menyelesaikan suatu tugas pembelajaran. Siswa dengan efikasi diri yang baik akan berhasil dalam pencapaian hasil kegiatan belajarnya, dan sebaliknya siswa dengan efikasi diri yang rendah maka hasilnya siswa tersebut akan dengan cepat menyerah dalam proses belajarnya sehingga hasil yang didapat pun tidak akan maksimal. Jadi dari hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa efikasi diri memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...