Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education

PERILAKU AGRESIF FISIK ANAK USIA DINI DI DESA GERBANG SARI KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Paswaniati Paswaniati (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Nurmalina Nurmalina (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Yolanda Pahrul (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk, faktor penyebab, dan dampak perilaku agresif fisik anak usia dini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada konsep Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku agresif fisik dari subjek penelitian yaitu, subjek yang dengan sengaja melempar mainan, memukul, mendorong, dengan sengaja mencubit atau menjewer telinga, menendang dengan keras. Faktor munculnya perilaku agresif pada subjek adalah faktor internal yang berupa mencari perhatian, aktif, keinginan bercanda, emosi, dan lelah. Faktor eksternalnya yaitu meniru adegan yang ada di game, faktor lingkungan, dan faktor pola asuh. dampak perilaku agresif fisik yang ditimbulkan oleh subjek diantaranya yaitu: bagi dirinya sendiri berupa dijauhi oleh teman-temannya, dan bagi lingkungan yaitu membuat orang lain merasa kesakitan, terkejut, menimbulkan hukuman berupa tidak boleh bermain untuk sementara dan dinasehati, serta membuat orang lain melakukan perlawanan kepada dirinya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...