Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SOAL CERITA MATEMATIKA DALAM MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 019 TANJUNG SAWIT

Maulidiyah Dwi Aqsa (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Nurhaswinda Nurhaswinda (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Adityawarman Hidayat (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kemampuan pemahaman konsep soal cerita matematika dalam materi perkalian pada siswa kelas III di SD Negeri 019 Tanjung sawit. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan tes tertulis sebagai instrumen yang digunakan. Data yang diambil dari penelitian ini adalah hasil dari jawaban siswa terhadap instrumen tes pemahaman konsep soal cerita matematika, kemudian dianalisis dengan cara mwnghitung jumlah total skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan siswa memahami konsep soal cerita matematika sebesar 73% yaitu dapat dikategorikan tinggi. Indikator yang memiliki nilai persentasi terendah adalah indikator yang sulit dikerjakan atau dipahami oleh siswa adalah 60% yaitu siswa kurang mampu memahami soal cerita dengan baik. Sebenarnya, siswa bukan tidak mampu mengerjakan soal perkalian tetapi siswa kurang memahami langkah-langkah yang tepat pada saat mengerjakan soal cerita matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...