Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education

PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 1 MAUMERE

Albina Evarista Longa (SMA Negeri 1 Maumere)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan Aplikasi Google Classroom pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Maumere yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui model dengan urutan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan peresentase hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I sampai siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 44% atau 16 siswa, meningkat 25% pada siklus I menjadi 69% atau 25. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat sebanyak 25% menjadi 94% atau 34 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika dikelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Maumere tahun 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...