Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 2 No. 1 (2020): Journal On Teacher Education

PERAN ORANG TUA DALAM MELATIH DISIPLIN PADA ANAK TUNAGRAHITA

Shinta Melia Khorini'mah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Yogyakarta)
Izzatin Kamala (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2020

Abstract

Anak merupakan anugrah terbesar bagi orang tua karena anak melambangkan cinta kasih kedua orang tua. Apabila anak yang dilahirkan terdapat kekurangan atau cacat salah satunya tunagrahita, maka orang tua harus sudah siap dalam membesarkan anak tersebut. Orang tua tetap harus memberikan pengasuhan yang baik kepada anak tunagrahita karena mereka yang terlahir dalam kondisi berbeda maka dalam perlakuannya juga akan berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi bagaimana pentingnya peran orang tua dalam melatih disiplin pada anak tunagrahita, upaya apa saja yang diterapkan dalam melatih disiplin anak tunagrahita dan dampak yang ditimbulkan setelah melakukan upaya tersebut. Target utama pada penelitian ini adalah orang tua dari anak tunagrahita. Lokasi penelitian orang tua anak tunagrahita ini di Durian Depun, Merigi Kepahiang Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kajian literatur. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peranan penting dalam mendidik anak, apalagi pada anak tunagrahita yang membutuhkan perlakukan lebih khusus. Upaya yang dilakukan orang tua dalam menerapkan sikap disiplin anak tunagrahita ialah dengan memperkenalkan dnegan lingkungan, menanamkan pembiasaan, memgajarkan dengan mempraktikkan langsung, berkonsultasi dengan ahli dan bersyukur.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...