Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED BERBANTUAN MEDIA TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS TEMA MAKANAN SEHAT MURID SEKOLAH DASAR GUGUS 29 CAMPAGA LOE KABUPATEN BANTAENG

Efendi, Firmansah Koesyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Berbantuan Media Teknologi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Tema Makanan Sehat Murid Sekolah Dasar. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V SD Inpres Campaga loe 1 dengan menerapkan model pembelajaran terpadu tipe webbed berbantuan media teknologi serta dapat mengetahui yang diajar dengan model pembelajaran terpadu tipe webbed tanpa berbantuan media teknologi. Penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan desain quasi eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Metode penelitian menggunakan, tes tertulis (essay), observasi, dokumentasi. Adapun subyek penelitian berada di sekolah gugus 29 campagaloe murid kelas V, sebagai sampel Sekolah Dasar Inpres Campagaloe 1 dan Sekolah Dasar 29 Campagaloe dengan jumlah 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Gugus 29 Campagaloe Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng. Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Berbantuan Media Teknologi dengan penerapan SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang pendidikan nasional berfungsi untuk membentuk watak agar dapat mengembangkan potensi peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa secara kreatif, mandiri dan bertanggungjawab. Model pembelajaran terpadu efektif dan dapat meningkatkan kualitas murid berdasarkan numerik tabel dengan signifikan 5% = 2,000

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...