Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS)
Vol. 2 No. 2 (2019): September

Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Berbantuan Worksheet dan Problemsheets Menggunakan Multi Modus Representasi

Fanni Zulaiha (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon)
Parlindungan Sinaga (Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Indonesia)
Aloysius Rusli (Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan mendeskrispikan penerapan metode inkuiri terbimbing berbantuan worksheet dan pronlemsheets menggunakan multi modus representasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu satu kelas siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kabupaten Cirebon yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing bernilai 18,3 dengan kategori baik. Artinya hampir 92% kegiatan pembelajaran yang direncanakan di RPP terlaksana. Adapun persepsi siswa setelah mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan worksheet dan pronlemsheets menggunakan multi modus representasi menunjukkan nilai 75% dengan kategori positif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpfs

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Energy Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) or called "Journal of Physics and Science Education" (in english) is a journal that focuses on research on physics education, other science education (chemistry, biology, and Natural Science), and science (theory and application of physics, chemistry, and ...