Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Bina Ilmu Cendekia

KEBUTUHAN AKAN SDM SUATU DOKTRIN EKONOMI (KONSEP SDM, IDENTIFIKASI NILAI SDM, PENAWARAN DAN PERMINTAAN TENAGA KERJA DAN KARAKTERISTIK TENAGA TERDIDIK)

M. Kamal (MAN Insan Cendekia Jambi – Pijoan, Muaro Jambi, Jambi)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2020

Abstract

Tonggak sejarah yang teramat penting dalam menandai diperlukannya sumber daya manusia adalah timbulnya Revolusi Industri. Perkembangan dari Revolusi Industri telah menunjukkan pengaruh yang sangat kuat pada perkembangan manajemen pada umumnya dan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) pada khususnya. Dampak Revolusi Industri tidak hanya merubah cara produksi, tetapi juga penanganan sumber daya manusia yang berbeda dengan sebelumnya. Fokus MSDM dalam perusahaan maupun organisasi adalah manusia dan bagaimana memotivasi manusia agar menjadi manusia yang produktif. Manajemen SDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan atau staff adalah manusia – bukan mesin – dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis, oleh karena itu, dalam manajemen SDM pada penerapannya harus memperhatikan prinsip-prinsip manajemen SDM. Muncullah istilah Human Resources) dan Human Capital, memandang Sumber Daya Manusia bukan sekedar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan dan bukan sebagai beban (cost). Artikel ini membicarakan tentang konsepsi SDM dan identifikasi nilai SDM sehingga dikatakan bahwa SDM sebagai sesuai yang sangat berharga dan bernilai tinggi dalam organisasi. Pentingnya penawaran dan permintaan tenaga kerja serta karakteristik tenaga kerja dengan melihatnya melalui 2 aspek utama, yaitu aspek kemampuan dan kualitasnya, hal ini juga dibicarakan secara singkat dan tepat dalam artikel ini selanjutnya .

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning ...