Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Vol 1, No 2 (2019)

Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Umam, Syaiful (Unknown)
Wahyuni, Arie (Unknown)
Hidayati, Destia Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran Pair Check berbasis Etomatematika dan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model konvensional. Pendekatan yang digunakan dalam peneitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Dawe Kudus tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji T dengan sig (0,05) didapatkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen telah mencapai nilai ketuntasan 70 dan Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas control yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

square

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education menerbitkan artikel kajian di bidang pendidikan matematika dan kajian ...