Jurnal Ilmiah Pertanian
Vol. 17 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Pertanian

STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI DODOL RASA BUAH LOKAL

Debby Anggina (Program Pascasarjana, Magister Agribisnis, Universitas Riau)
Novia Dewi (Program Pascasarjana, Magister Agribisnis, Universitas Riau)
Fajar Restuhadi (Program Pascasarjana, Magister Agribisnis, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran dodol buah di Kabupaten Siak. Penelitian ini menggunakan metode survei. Pemilihan responden pada penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Penentuan responden berdasarkan kepakaran dan perannya dalam pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan agroindustri dodol buah. Analisis data menggunakan analisis Multidimensional Scaling (Mds), prospektif dan Analitic Hierarchi Process /AHP. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor penentu pengelolaan bauran pemasaran dodol buah terdiri atas; dimensi produk, harga, promosi, dan distribusi. Atribut pengungkit dalam pengelolaan bauran pemasaran dodol buah di Kabupaten Siak diperoleh bahwa tipe sebaran cenderung mengumpul di kuadran I dan kuadran III. Strategi pemasaran dodol buah di Kabupaten Siak kegiatan promosi terdiri dari semua kegiatan pemasaran yang mencoba terjadinya aksi pembelian suatu produk yang cepat atau terjadinya pembelian dalam waktu yang singkat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmiah Pertanian (JIP) is a peer-reviewed, open-access journal that publishes original research articles regarding the advance of agriculture and land resources throughout the world. It publishes original scientific work related to strategic and applied studies in all aspects of agriculture, ...