DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Efektivitas Penggunaan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Riyanti Riyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan perangkat pembelajaran project based learning (PjBL) terintegrasi STEM berbasis e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa  . Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, design pre-experimental dengan the one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Plered tahun pelajaran 2019/2020. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Terpilih dua kelas sampel IVA dan IVB SDN 3 Panembahan sebagai kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji perbedaan rata-rata dan N-gain. Diperoleh hasil peningkatan n-gain skor 0,37 dengan kategori sedang. Hasil nilai pretest-posttest kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran PjBL terintegrasi STEM berbasis e-learning.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...