DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 4, No 1 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Memanfaatkan Media Presentasi dalam Mendukung Pembelajaran Saintifik Melalui Direct Reading dan Sharing Of Experience Bagi Guru SMP Negeri 2 Ampel Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019

Sri Rahayu (SMP Negeri 2 Ampel Boyolali)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasahalan tentang kinerja guru di SMP Negeri 2 Ampel dalam memanfaatan media presentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan media presentasi dalam mendukung pembelajaran saintifik melalui pembinaan teknik Direct Reading dan Sharing Of Experience. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui tindakan pembinaan teknik direct reading dan sharing of experience kemampuan guru dalam memanfaatkan media presentasi dalam pembelajaran saintifik bagi guru SMP Negeri 2 Ampel Kabupaten Boyolali dapat meningkat dengan maksimal. Peningkatan nilai rata-rata dari prasiklus ke siklus II sebesar 14,6. Peningkatan prosentase ketercapaian indikator dari kegiatan prasiklus ke seklus II sebesar 52,14%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembinaan teknik direct reading dan sharing of experience dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan media presentasi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...