AbstractThe research aims to improve students' ability in writing paper in the Classroom Action Research (CAR) subject using Project-Based Learning (PBL). The research subjects are the students of Elementary School Training Teacher in the First Semester of Academic Year 2018/2019. It is Classroom Action Research collaboratively. Data collection techniques use qualitative descriptive analysis techniques. The results show that the PBL model can improve the ability in writing papers. The first cycle is 61.87%, the second cycle is 83.03%, and third cycle is 87%. It concludes that the students have ability in writing CAR with the rules listed in the research indicators and PBL is as an alternative method for delivering CAR subject to the students.Keywords: project-based learning, classroom action research, writing abilityAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa pada mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan Project Based Learning (PBL) pada Mahasiswa PGSD Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) secara kolaboratif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif..Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dapat meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah. Peningkatan tersebut pada siklus 1 sebesar 61,87%, Siklus 2 sebesar 83,03% dan Siklus 3 sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Implikasi penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mampu untuk menulis PTK sesuai dengan kaidah-kaidah PTK yang tercantum dalam indicator penelitian dan sebagai alternative metode untuk menyampaikan perkuliahan PTK pada Mahasiswa Prodi PGSD.Kata kunci: project based learning, penelitian tindakan kelas, kemampuan menulis
Copyrights © 2019