DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Penggunaan Perangkat Lunak ATP untuk Mahasiswa Calon Guru SD Memahami Profil Perkembangan Siswa

Arie Rakhmat Riyadi (Unknown)
Tatang Syaripudin (Unknown)
Kurniasih Kurniasih (Unknown)
N. D. Shiera (Unknown)
Ari A. Magistra (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2020

Abstract

Memahami perkembangan anak merupakan hal penting bagi seorang calon guru. Tujuan penelitian ini mengetahui dampak penggunaan perangkat lunak ATP (Analisis Tugas Perkembangan) terhadap pemahaman dan keterampilan mahasiswa calon guru SD dalam mendeskripsikan profil capaian tugas perkembangan siswa. Metode penelitian ini ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru SD berjumlah 288 orang di sebuah universitas negeri pendidikan terkemuka di Indonesia. Alat pengumpul data menggunakan kuisioner memanfaatkan google form. Analisis data berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan ATP meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa mendeskripsikan profil capaian tingkatan dan aspek perkembangan siswa. Simpulan penelitian menegaskan bahwa ATP memfasilitasi pencapaian tujuan perkuliahan Perkembangan Peserta Didik di SD, sehingga melibatkan ATP direkomendasikan pada mata kuliah sejenis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...