Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Vol 16, No 1 (2019): JMK EDISI JUNI 2019

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN STRATEGI PRODUK TERHADAP TINGKAT PENJUALAN

Esti Handayani (STIE IPWIJA)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

ABSTRAK Selain untuk meningkatkan penjualan, bank perlu melakukan strategi bauran pemasaran yaitu salah satunya melalui strategi produk yang handal dalam usaha meningkatkan kualitas tingkat penjualan suatu produk.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana dan sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan dan strategi produk dalam meningkatkan penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat.Peneliti menentukan banyaknya populasi penelitian yang diambil secara acak adalah berjumlah 100 orang nasabah dan sampel diambil berdasarkan jawaban yang diserahkan kembali yaitu 50 responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Kategori jawaban responden penelitian terhadap angket terdiri atas lima skala berdasarkan skala Likert. Dalam pengolahan data dibantu dengan menggunakan program SPSS. Pengujian statistik yang digunakan adalah dengan perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesa dan analisa regresi.Berdasarkan hasil perhitungan dan hasil analisa data, ditemukan bahwa koefisien korelasi antara kualitas pelayanan terhadap tingkat penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat, adalah positif dengan tingkat hubungan yang kuat yaitu sebesar 0,829 dan setelah diuji hipotesa dengan uji t korelasi tersebut memiliki hubungan yang signifikan.Koefisien korelasi antara strategi produk terhadap tingkat penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat, adalah positif dengan tingkat hubungan yang sangat kuat, yaitu sebesar 0,776 dan setelah diuji hipotesa dengan uji t korelasi tersebut memiliki hubungan yang signifikan.Begitu pula koefisien korelasi antara kualitas pelayanan dan strategi produk secara bersama-sama terhadap tingkat penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat, adalah positif dengan tingkat hubungan yang sangat kuat yaitu sebesar 0,886 dan setelah diuji hipotesa dengan uji F korelasi tersebut memiliki hubungan yang signifikan.Kemudian didapat hasil uji koefisien regresinya pun menunjukkan hubungan lurus dan positif dilihat dari kontribusi variabel kualitas pelayanan dan strategi produk terhadap tingkat penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat dengan persamaan regresi berganda, yaitu: Y = 4,731 + 0,934 X1 + 1,281 X2. Kata Kunci: kualitas pelayanan, strategi produk, tingkat penjualan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Kewirausahaan (JMK) is a journal published twice a year (June and December) by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta that focused on management studies. The aim of the journals is to disseminate the research in management studies that include marketing, finance, production, ...