Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 2 No 1 (2013)

PENGEMBANGAN TES FORMATIF BERBASIS WEBSITE SEBAGAI EVALUASI HASIL BELAJAR PADA MATERI JAMUR KELAS X SMA

novitasari, eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2013

Abstract

Keberhasilan suatu  proses belajar mengajar di kelas ditandai dengan penguasaan siswa terhadap kompetensi dasar yang ingin dicapai yang dapat diukur melalui tes formatif diakhir pembelajaran. Tes yang baik adalah tes yang dapat mengukur indikator atau kompetensi dasar yang ingin dicapai. Tes formatif yang tepat dan akurat dibutuhkan tes yang memenuhi persyaratan.sebagai evaluator, guru harus dapat membuat soal-soal valid dan reliable. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan tes formatif berbasis website pada materi jamur dan mengetahui kelayakan tes formatif berbasis website dalam mengatasi kecurangan siswa. Tes formatif berbasis website pada materi jamur ini dikembangkan melalui penyusunan soal A dan penyusunan soal B, diujicobakan pada siswa kelas X-3 SMAN 4 Sidoarjo dengan jumlah siswa 15 orang. Soal A dan B kemudian disusun menjadi soal C sebagai produk pengembangan. Metode pengumpulan data dalam penelitin ini adalah telaah untuk mengetahui kelayakan tes formatif berbasis website, metode tes untuk mengetahui analisis butir soal dengan aplikasi proprofs, dan metode angket untuk mengetahui respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, tes formatif berbasis website pada materi jamur yang dikembangkan, termasuk katagori sangat baik dengan skor 3,71 untuk seluruh aspek meliputi materi, konstruksi, dan bahasa. Hasil analisis butir dengan aplikasi proprosf menyatakan bahwa facility index butir soal didominasi oleh soal A yang mudah yaitu 70% (21 soal), 30% soal sedang (9 soal) sedangkan soal B yang mudah yaitu 80% (24 soal) dan 20% soal sedang (6 soal) yang kemudian menghasilkan soal C yang memiliki sensitivitas dan facility index acak dari yang terendah hingga yang tertinggi untuk memperoleh hasil seperti pada kurva normal dan 100% butir soal dinyatakan sensitif. Respon siswa terhadap tes formatif berbasis website positif. Seluruh siswa menyatakan tes formatif berbasis website memotivasi siswa untuk lebih giat belajar. Kata kunci: Tes formatif berbasis website, materi jamur, evaluasi hasil belajar

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...