Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 5 No 1 (2016)

VALIDITAS DAN KETERLAKSANAAN LKS GUIDED DISCOVERY UNTUK MENUNJANG PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI SISTEM INDERA

YULIRISNAWATI, INTAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2016

Abstract

Guided discovery merupakan suatu model untuk melatih siswa menemukan, menyelidiki sendiri secara aktif sehingga konsep yang diterima dapat bertahan dalam memori jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKS guided discovery untuk menunjang pelaksanaan pendekatan saintifik materi sistem indera berdasarkan validitas dan keterlaksanaan LKS. Model pengembangan LKS yang digunakan yaitu R&D. Uji coba LKS secara terbatas dilaksanakan pada Mei 2015 di SMAN 1 Madiun. Validitas dan kepraktisan ditentukan berdasarkan hasil validasi dan keterlaksanaan LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS mendapatkan skor rata-rata 3,64 dengan kategori sangat valid dan keterlaksanaan tahap-tahap kegiatan LKS mencapai 100% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dan keterlaksanaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKS guided discovery untuk menunjang pelaksanaan pendekatan saintifik pada materi sistem indera berkategori layak.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...