Hasil pra-survei terhadap 10 pasien di Puskesmas Kalibalangan, Kecamatan Abung Selatan menunjukkan bahwa 50% pasien tidak puas dengan layanan farmakologi termasuk layanan minum obat, informasi yang kurang jelas, dan pasien mengeluh bahwa staf kesehatan tidak segera diproses kwitansi medis telah diserahkan dan tidak ada informasi yang diberik an mengenai obat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberian informasi obat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kalibalangan Kecamatan Bung Selatan di Kabupaten Lampung Utara.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi adalah 321 pasien yang mengunjungi Puskesmas Kalibalangan, Kecamatan Abung Selatan. 76 sampel responden diambil dengan menggunakan accidental sampling.Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada korelasi pemberian informasi obat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan di Kabupaten Lampung Utara pada tahun 2018 (p-value 0,024 <0,05). Petugas kesehatan diharapkan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan terutama mengenai pentingnya memberikan informasi obat-obatan dan melakukan pengawasan di bangsal yang berhubungan dengan kepatuhan medis dan sikap petugas kesehatan tentang produktivitas kerja.Kata kunci: informasi, kepuasan pengobatan, obat
Copyrights © 2020