Pendidikan jasmani sangat penting, karena bentuk-bentuk kegiatan jasmani atau olahraga didalamnya terdapat permainan dan kegiatan bila dilakukan secara insentif, baik secara perorangan maupun kelompok oleh anggota masyarakat termasuk didalamnya masyarakat sekolah dan dilakukan dengan cara sadar dan sistematik, maka akan memperoleh peningkatan keterampilan gerak jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, pembentukan watak, dan pengembangan prestasi secara optimal. Karena atas dasar itu pula penulis tertarik untuk meneliti passing bawah permainan bola voli yang sudah dimiliki oleh para siswa khususnya para siswa kelas VIII-2 SD Menteng Dalam 01 Jakarta Selatan dengan penelitian tindakan kelas karena peneliti mengajar pada Kelas tersebut, dan ternyata dari kelas VIII-1 sampai dengan Kelas VIII-6, setelah diadakan tes passing bawah hanya siswa kelas VIII-2 yang memiliki nilai paling jelek yaitu kurang dari 50 %, sedangkan kelas lain sudah diatas 50 % yang dapat melakukan passing bawah permainan bola voli. Seperti telah diuraikan diatas bahwa pendidikan olahraga yang diberikan di sekolah itu banyak, maka dalam hal ini peneliti hanya membatasi atau akan meneliti dengan materi pokok pada permainan bola voli saja yang kesemuanya berupa praktek. Penelitian hanya dilakukan pada pelajaran sekolah SD Menteng Dalam 01 Jakarta Selatan , siswa kelas VIII-2. Penelitian diberikan 3 siklus. Waktu penelitian seminggu sekali yang dilakukan pada pagi hari yaitu pada jam pelajaran olahraga pukul 10.00 s/d 11.30, di halaman sekolah yaitu di lapangan bola voli SD Menteng Dalam 01 Jakarta Selatan , test awal dan tes akhir dilakukan pada jam yang sama dan di lapangan yang sama pula
Copyrights © 2016