PIPER
Vol 14, No 27 (2018): Jurnal PIPER

PEMANFAATAN KULIT RAMBUTAN SEBAGAI BOKASHI UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN HASIL BAYAM CABUT (Amaranthus tricolor, L)

Herlina Kurniawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2019

Abstract

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang banyak manfaat bagi kesehatan. Bayam banyak memiliki kandungan berupa vitamin dan meneral, seperti vitamin A, B, dan C, protein, kalsium dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menɡetahui pengaruh pemberian bokashi kulit rambutan terhadap pertumbuhan dan hasil bayam cabut dan dosis bokashi kulit rambutan yang memberikan hasil tertinggi. Penelitian ini dilakukan dengan metode percobaan lapanɡan. Rancangan percobaan yanɡ digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok dengan bokashi kulit rambutan sebagai perlakuan yang terdiri dari lima taraf dan lima ulanɡan yaitu : tidak diberi bokashi kulit rambutan (NO), 0,5 kg bokashi kulit rambutan (N1), 1 kg bokashi kulit rambutan (N2), 1,5 kg bokashi kulit rambutan (N3) dan 2 kg bokashi kulit rambutan (N4). Hasil penelitian diketahui bokashi kulit rambutan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil bayam cabut pada tanah PMK, yang ditandai tinggi tanaman dan berat segar tanaman. Pemberian 2 kg bokashi kulit rambutan menghasilkan tinggi tanaman dan berat segar tanaman tertinggi dengan rata-rata 23,40 cm dan 77,50 ɡram pertanaman.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

piper

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Library & Information Science

Description

PIPER merupakan salah satu media/wadah untuk mengembangkan kemampuan ilmiah civitas akademika Fakultas Pertanian, terutama kemampuan berkomunikasi secara tertulis sesuai kaidah-kaidah ilmiah. Sebagai wadah menampung hasil-hasil penelitian ilmiah, PIPER dapat memperkaya khasanah ilmu dan pengetahuan ...