PIPER
Vol 15, No 28 (2019): JURNAL PIPER

Peningkatan Pertumbuhan dan Hasil Sawi Hijau (Brassica juncea, L.) Dengan Pemberian Bokashi Eceng Gondok (Eichornoa crassipes)

Herlina Kurniawati (Unknown)
kristian very (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2019

Abstract

Pengunaan bahan organik sebagai pupuk memberikan keuntungan karena bahan-bahan organik akan mengaktifkan kehidupan mikroorganisme tanah dan menambah bahan organik tanah sehingga berpengaruh terhadap struktur tanah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh bokashi eceng gondok terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi hijau pada tanah PMK; 2) mengetahui dosis bokashi yang tepat terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi hijau pada tanah PMK. Ruang lingkup penelitian ini terdiri dari bokashi sebagai variabel bebas dan jumlah daun dan berat segar tanaman sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen lapangan. Rancangan lingkungan yang digunakan dengan pola rancangan acak kelompok (RAK). Faktor perlakuan dalam penelitian ini adalah pemberian bokashi (B) yang terdiri dari 6 taraf perlakuan dengan 4 kali pengulangan. Adapun taraf perlakuan bokashi terdiri dari: B0 =kontrol (tidak diberi bokashi), B1= 1 kg bokashi per m2, B2= 2 kg bokashi per m2, B3= 3 kg bokashi per m2, B4= 4 kg bokashi per m2, B5= 5 kg bokashi per m2. Data dianalisa dengan sidik ragam pada taraf 0,05 dan 0,01, selanjutnya data diuji dengan uji BNJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bokashi eceng gondok berpengaruh nyata terhadap jumlah daun dan berat segar pada tanaman sawi hijau. Melalui Uji BNJ diketahui bahwa pemberian 5 kg bokashi eceng gondok menghasilkan rata-rata 11,25 helai daun dan rata-rata berat segar pertanaman 23,90 gram.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

piper

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Library & Information Science

Description

PIPER merupakan salah satu media/wadah untuk mengembangkan kemampuan ilmiah civitas akademika Fakultas Pertanian, terutama kemampuan berkomunikasi secara tertulis sesuai kaidah-kaidah ilmiah. Sebagai wadah menampung hasil-hasil penelitian ilmiah, PIPER dapat memperkaya khasanah ilmu dan pengetahuan ...