Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi
Vol 3, No 2 (2020): December

MISKONSEPSI MATERI BIOLOGI SMA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMAHAMAN SISWA

Nafisha Vebiola Irani (Universitas Negeri Padang)
Zulyusri Zulyusri (Universitas Negeri Padang)
Rahmawati Darussyamsu (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Miskonsepsi merupakan konsep-konsep yang tidak relevan dengan pemahaman ilmiah yang diterima oleh para ahli di bidang yang bersangkutan dan dapat menimbulkan kesulitan bagi siswa dalam memahami suatu materi. Rata-rata semua buku Biologi yang digunakan sebagai sumber belajar oleh guru dan siswa di berbagai SMA memiliki miskonsepsi dengan persentase yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji hasil analisis miskonsepsi buku Biologi dari 10 artikel dan prosiding yang direduksi dari 49 sumber relevan, serta hubungannya dengan pemahaman materi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah meta-analisis dengan metode penelitian literatur reviewmelalui studi pustaka dengan menggunakan beberapa sumber data seperti artikel di jurnal elektronik dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua buku Biologi SMA yang diteliti oleh peneliti dalam artikel sumber memiliki miskonsepsi yang cenderung menyebabkan pengetahuan siswa menjadi tidak berkembang.

Copyrights © 2020