Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi
Vol 3, No 1 (2020): June

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES

Nurhakima Ritonga (Universitas Labuhanbatu)
Halimah Sakdiah Boru Gultom (Unknown)
Rahmi Nazliah (Universitas Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang diaplikasi dari siklus 1 dan berakhir pada siklus 2. Populasi pada penelitain ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pangkatan menggunakan teknik purposive sample dengan jumlah sampel 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu pretest dan postest untuk mengukur hasil belajar siswa dan observasi untuk melihat keterampilan proses. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan hasil belajar IPA dengan pendekan keterampilan proses dari 64,8 meningkat menjadi 81, 7. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan keterampilan proses.

Copyrights © 2020