Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 2 No. 01 (2020): Agustus

Penerapan Model Missouri Mathematics Project Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Laely Nurul Aini (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Sri Muryaningsih (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Dedy Irawan (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar pengetahuan pada pertemuan I mendapatkan nilai 71,8 dengan kategori baik, dan ketuntasan 75%. Pada pertemuan II mendapatkan presentase 80,5 dengan kategori baik, dan ketuntasan belajar 80%. Hasil belajar sikap percaya diri pada pertemuan I mendaptkan nilai 2,5 dengan kategori cukup, dan pada pertemuan II mendaptkan presentase 3,25 dengan kategori baik. Hasil belajar keterampilan menyelesaikan soal matematika pada pertemuan I mendapatkan nilai 2,5 dengan kategori cukup dan pada pertemuan II mendapatkan presentase 3,08 dengan kategori baik. Hasil belajar pada aspek pengetahuan, sikap percaya diri, dan keterampilan menyelesaikan soal matematika telah mencapai indikator keberhasilan. Dapat disimpulkan bahwa model Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 1 Banjarsari Wetan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...