Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen
Vol 2 No 1 (2020): IE: inspirasi Ekonomi

LOGOS, ETHOS DAN PATHOS DALAM ILMU MANAJEMEN PEMASARAN

Helidorus F Anin (Universitas Timor)
Desmon Redikson Manane (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
20 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan dimensi logos, ethos dan pathos dalam ilmu manajemen pemasaran. Ketiga dimensi ini mutlak perlu untuk mengonstruksi teori ilmiah yang tahan uji. Adapun pisau analisis yang digunakan dalam analisis ini adalah filsafat ilmu dengan unsur-unsur metodis, yaitu pada interpretasi, koherensi intern dan deskprisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi logos terkandung dalam evolusi pendefinisian pemasaran sepanjang zaman. Dimensi keilmuan pemasaran akhirnya menemukan modelnya yang tahan uji ketika menjadikan social capital sebagai logos universal sebab bisa digeneralisasi dan didukug oleh fakta yang mengitarinya. Dimensi ethos terdapat dalam upaya untuk menjadikan social capital sebagai core business sehingga memudahkan dalam mengonstruksi skema jaminan kepercayaan dalam jangka panjang dan kekhasan yang menunjukkan citra pelanggan. Dimensi pathos dapat diidentifikasi melaui seni mengidentifikasi nilai, menyediakan nilai dan mengkomunikasikan nilaiyang ditransformasi dari kebutuhan pelanggan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bidang ilmu yang diterbitkan dalam jurnal ini adalah Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional dan Manajemen ...