Penelitian ini berjudul : “Kontribusi Pengelolaan Fasilitas Terhadap Mutu Pembelajaran Siswa di SMK Swasta Wilayah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor (Studi deskriptif analitik tentang perencanaan, penggunaan dan pengawasan fasilitas)”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket tertutup. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah 52 orang guru. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik: analisis koefisien korelasi, signifikasi korelasi, koefisien determinasi dan koefisien regresi. Pengelolaan fasilitas mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap mutu pembelajaran siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0.76. Apabila dikonsultasikan dengan tabel batas nilai korelasi, angka tersebut berkategori “kuat”, yaitu terletak pada rentang 0.66-0.79. Dari hasil perhitungan uji signifikansi, thitung (6.249) ttabel (2,021), artinya signifikan. Koefisien Determinasi (KD) menunjukan bahwa pengelolaan fasilitas terhadap mutu pembelajaran siswa sebesar 58.98%, sedangkan sisanya dipengaruhi dari faktor lain seperti kompetensi guru, kurikulum dan sebagainya.
Copyrights © 2018