Gunahumas
Vol 2, No 1 (2019): Gunahumas

PENGARUH GADGET TERHADAP POLA INTERAKSI SOSIAL DAN KOMUNIKASI SISWA

Syahyudin, Dindin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2020

Abstract

Abstrak Kemajuan dibidang teknologi adalah suatu keniscayaan yang tidak bisa kita hindari. Kemajuan teknologi ini sangat membantu siswa mencari dan mendapatkan ilmu dengan cepat dan Belajar pun bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja dengan bantuan alat komunikasi yang canggih.Tetapi disamping manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaannya, muncul pula dampak negatif seperti munculnya rasa malas untuk melakukan aktifitas sosial dan menyebabkan turunnya daya konsentrasi terutama disaat belajar yang tak sedikit membuat anak menjadi tertekan serta terpisah dari lingkungan sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana dampak yang diakibatkan dari penggunaan gadget terhadap pola komunikasi dan interaksi sosial dikalangan siswa SMP Negeri 5 Tarogong Kidul Garut pada tahun pelajaran 2019-2020. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan dampak negatif dari penggunaan gadget yang dialami oleh siswa berupa malas beraktifitas, kelelahan fisik, kecanduan yang mengakibatkan pengeluaran uang untuk membeli pulsa, konsentrasi belajar berkurang dan bentuk kenakalan lainnya. Dampak negatif yang paling tinggi adalah malasnya siswa beraktifitas sosial sebesar 81.81% dan berkurangnya daya konsentrasi siswa yang bahkan mencapai 100% dari total siswa pengguna gadget yang diberikan kuesioner tersebut. Kata kunci : Pengaruh Gadget; Pola Interaksi; Komunikasi Abstract The advancement of technology is a necessity that we cannot avoid. This technological advancement really help students find and gain knowledge quickly and learning can be carried out anywhere and at any time with the help of sophisticated communication tools. But besides the benefits that can be obtained from its use, the negative impacts such as the emergence of laziness to do social activities arise and cause a decrease in the power of concentration, especially when learning that make students become depressed and separated from their social environment. The purpose of this research is to determine the extent of the impact resulting from the use of gadgets on communication patterns and social interactions among students of SMP Negeri 5 Tarogong Kidul Garut in the academic year 2019-2020. The research method used is quantitative descriptive and questionnaire as a research instrument. The results showed the negative impact of the use of gadgets experienced by students in the form of lazy to do activities, physical exhaustion, addiction that resulted in spending money to buy credit, reduced learning concentration and other forms of delinquency. The highest negative impact is the laziness of students with social activities of 81.81% and the reduced of students’concentration who even reach 100% from the total students of gadget users given the questionnaire. Keywords : Effects of Gadgets; Patterns of Interaction; Communication

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

gunahumas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Gunahumas with registered number 2655-1551 (Print) and 2774-2822 (Online) is published by Kantor Hubungan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia. It is published twice a year. Jurnal Gunahumas Journal is a journal that publishes the work of researchers and practitioners in the field of Public ...