Jurnal Ilmiah Realtech
Vol 14 No 1 (2018)

PERANCANGAN MODEL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN HOTEL DI KOTA MANADO MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Kumenap, Vivie Deyby (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Pariwisata yang berkembang pesat di Kota Manado membuat bisnis Hotel semakin meningkat juga. Para wisatawan yang ingin berwisata di Manado tentunya menginginkan tempattinggal yang sesuai dengan kebutuhannya selama berada di Manado. Akan tetapi banyaknya jumlah hotel yang terdapat di Manado membuat para wisatawan harus mencari informasi hoteltersebut sat per satu. Dimana hal tersebut dapat memperlambat pengambilan keputusan dari wisatawan tersebut. Oleh karena itu, dirancang sebuah model untuk sistem pendukung keputusan dengan menerapkan metode simple additive weighting (SAW), sehingga wisatawan dapat memperoleh keputusan yang cepat dan sesuai dengan kebutuhan. Terdapat empat kriteria yang digunakan dalam perancangan model sistem pendukung keputusan ini. Metode SAW diterapkan melewati beberapa langkah penyelesaian berdasarkan formula matematika. Hasildari perhitungan dengan menggunakan SAW adalah alternatif yang akan menjadi solusi bagi pengambil keputusan. Alternatif dengan nilai yang tertinggi yang akan menjadi alternatifkeputusan tersebut.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

realtech

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Realtech merupakan jurnal ilmiah sebagai bentuk pengabdian dalam hal penelitian dan pengembangan bidang Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Sipil, dan bidang terkait ...