Economic Education and Entrepreneurship Journal
Vol 2, No 2 (2019): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)

KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA: ANALISIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

Suroto Suroto (Universitas Lampung)
Yon Rizal (Universitas Lampung)
Rahmawati Rahmawati (Universitas Lampung)
Widya Hestiningtyas (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2019

Abstract

ABSTRAK Mahasiswa saat ini yang biasa disebut dengan “digital native” merupakan individu yang tidak mungkin dilepaskan dari teknologi komunikasi. Pembelajaran dengan tidak memperhatikan perkembangan peserta didik dapat menyebabkan mismatch antara tujuan dan hasil yang dicapai. Media pembelajaran merupakan salah satu kunci sukses dalam pembelajaran. Agar pembelajaran berjalan efektif dan mendapatkan hasil yang maksimal dibutuhkan media pembelajaran yang baik dan sesuai dengan karakteristik materi, lingkungan dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui kebutuhan media pembelajaran digital mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif verifikatif dengan metode penelitian expost facto dan survey. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa mahasiswa pendidikan ekonomi sangat membutuhkan media pembelajaran digital. Kata kunci: Mahasiswa, Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Digital ABSTRACTToday's students who are commonly referred to as "digital native" are individuals who cannot be separated from communication technology. Learning by not paying attention to the development of students can cause a mismatch between the objectives and the results obtained. Learning media is one of the keys to success in learning. In order for learning to run effectively and obtain maximum results, learning media that are appropriate and in accordance with the material, environment and students are needed. This research studies the digital learning media needs of students of the Lampung University Economic Education Study Program. The research conducted is a descriptive verification research with ex post facto research methods and surveys. The results of this study reveal that education education really needs digital learning media.  Keywords: Students, Learning Media, Digital Learning Media  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

E3J

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Economic Education and Entrepreneurship Journal atau Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan ISSN 2579-5902(p) adalah wadah informasi dan publikasi penelitian atau gagasan peneliti, dosen, guru, praktisi pendidikan, pengambil kebijakan, pemerhati pendidikan dan mahasiswa di bidang pendidikan, ...