HUMANIS
Volume 17. No. 2. Nopember 2016

Verbal And Visual Signs On Airlines Advertisements: A Semiotic Study

Ayu Sastya Kartika (Unknown)
I Nengah Sudipa (Unknown)
I Wayan Resen (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2017

Abstract

Tulisan  ini berjudul " Verbal and Visual Sign on Airlines Advertisements: A Semiotic Study”. Data diambil dari satu sumber yaitu www.youtube.com, dengan teknik observasi dan pencatatan. Skripsi ini menganalisis dan membicarakan  bentuk-bentuk aspek visual dalam Garuda Indonesia dan Singapore Airlines iklan yang berbentuk video dan pengertian dari narasi berdasarkan aspek-aspek verbal didalam kedua iklan. Alasan dari memilih iklan Garuda Indonesia dan Singapore Airlines adalah karena kedua iklan memiliki visualisasi yang baik yang juga merupakan perwakilan Asia Tenggara untuk menjadi maskapai penerbangan terbaik didunia. Terdapat dua teori yang digunakan untuk menganalisis kedua data ini. Teori elemen-elemen komunikasi visual dan teori penggambaran verbal dalam buku yang berjudul “Advertising as Communication” dengan pengarang Dyer (1993) dan juga teori makna dengan pengarang Geoffrey leech (1974) yang berjudul Semantic. Dari analisis tersebut, ditemukan bahwa macam-macam aspek visual dan verbal dengan menganalisis kedua video memiliki makna untuk menarik pemirsa dan membantu mereka mengungkapkan makna yang lebih dalam dari video iklan Garuda Indonesia dan Singapore Airlines.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal online Humanis adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana. Salah satu indikator kualitas perguruan tinggi ialah diukur dari seberapa banyak karya ilmiah yang dihasilkan dan telah dipublikasikan. Penulisan karya ilmiah harus mencerminkan budaya ...