Riau Journal of Computer Science
Vol. 1 No. 1 (2015): Riau Journal Of Computer Science

Penerapan Algoritma C4.5 Pada NUPTK Untuk Menentukan Pola Sertifikasi Guru Dengan Menggunakan Metode Klasifikasi Decision Tree (Studi Kasus : Pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu )

Jailani - (Program Studi Pasca Sarjana Teknik Informatika Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang Jl. Raya Lubuk Begalung, Padang)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2015

Abstract

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan data penting bagi Departemen Pendidikan Nasional. NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat tetap karena NUPTK yang dimiliki seorang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar atau terjadi perubahan data periwayatan. Pada program sertifikasi, PTK diwajibkan mengumpulkan data diri berupa Nomor Identitas (ID), kepemilikan NUPTK, tingkat pendidikan, usia, masa kerja, golongan guru dan jenissertifikasi. Dari data-data ini, akan ditentukan seseorang lulus atau tidak dalam sertifikasi guru.Dalam menentukan kelulusan, dibuatlah suatu syarat-syarat tertentu yang menjadi acuan penilaian. Tetapi diperlukan suatu syarat yang menjadi prioritas utama penetapan kelulusan sertifikasi guru. Algoritma C4.5 adalah merupakan salah satu algoritma dalam teknik klasifikasidata yang menghasilkan satu pohon keputusan. Dari pohon keputusan yang dihasilkan maka akan terdapat beberapa rule atau pengetahuan untuk suatu kasus. Teknik klasifikasi yang akan digunakan adalah Decision tree, yaitu algoritma C4.5. Dengan implementasi Algoritma C4.5dapat membantu pihak pengambil keputusan/kebijakan dalam menentukan calon sertifikasi guru layak atau dipertimbangkan untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPGJ).

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

RJOCS

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Focus and Scope Riau Journal of Computer Science diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan artikel ilmiah dari peneliti, pemakalah, inovasi, prosiding seminar dan konsep ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu komputer, informatika, sistem informasi atau yang relevan, kemudian mempublikasikan artikel ...