Kesesuaian dalam pemilihan program studi di perguruan tinggi, akan berdampak pada kualitas lulusan yang memiliki kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat menjadi acuan dalam memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, selanjutnya metode multi Atrribute Decission Making (MADM) digunakan untuk mengolah beberapa kriteria, yaitu nilai akademik, nilai tes kemampuan dan tes bahasa pada beberapa siswa yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Sistem yang dirancang dengan menggunakan metode Simple Additive Weight (SAW). Sedangkan data yang diolah adalah nilai akademik berupa nilai rapor siswa, tes kemampuan MIPA (Matematika, Fisika, Kimia dan biologi) dan tes bahasa (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris). Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem pendukung keputusan yang dirancang dapat menghasilkan informasi prioritas program studi yang sesuai dengan kemampuan siswa, sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan daalm pemilihan program studi.
Copyrights © 2017