Tujuan penelitian: Guru merupakan tenaga pendidik yang prosfesional. Sebagai seorang tenaga yang profesional guru harus mampu menjadi fasilitator yang baik didalam kelas. Penelitian ini peran guru dalam meningkatkan pembelajaran IPA melalui pembelajaran berbasis Etnosains Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kelas 5A dan 5B yang terdiri dari Kelas 5A berjumlah 25 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 15 orang perempuan. Sedangkan kelas 5B berjumlah 24 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 12 orang perempuan Temuan utama: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahan siswa pada materi organ pernapasan hewan dan fungsinyya secara signifikan pada kelas ekperimen setelah pembelajaran dilakukan berbasis Etnosains. Keterbaruan penelitian: penelitian ini memiliki keterbaruan pada bidang pembelajaran yang efektif dan efisin menggunakan basis Etnosains pada pembelajaran IPA disekolag dasar.
Copyrights © 2020