Integrated Science Education Journal
Vol 2 No 1 (2021): January

Penerapan Karakter Semangat Kebangsaan di Kelas VII SMPN 1 Muaro Jambi

Nur Ika Sandi Pratiwi (Universitas Jambi)
Radias Ependi (SMAN 4 Tanjung Jbung Timur)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan karakter semangat kebangsaan siswa di SMPN 1 Muaro Jambi. Metodologi: penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner yang dibagikan kepada siswa dengan sampel 51 orang yaitu terdiri dari 23 orang untuk kelas VIIA dan 28 orang untuk kelas VIIB. Dengan populasi seluruh siswa SMPN 1 Muaro Jambi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan program SPSS untuk mencari statistic deskriptif. Temuan utama: Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa semangat kebangsaan di SMPN 1 Muaro Jambi baik, hal ini terlihat dari data jawaban kuesioner yang dibagikan kepada siswa kelas VIIA dan VIIB, setelah di tabulasi hasilnya adalah untuk kelas VIIA 17 orang (73,9%) baik, dan 6 orang (26,1%) sangat baik, dan untuk kelas VIIB hasilnya adalah 19 orang (67,9%) baik dan 9 orang (23,1%) sangat baik. Keterbaruan penelitian: Penanaman jiwa semangat kebangsaan perlu dilakukan disekolah, hal ini dikarenakan sekolah merupakan tempat pendidikan dan pembentukan jiwa serta semangat bagi generasi muda khususnya pelajar yang menentukan masa depan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Sikap semangat kebangsaan merupakan salah satu bentuk tindakan yang mencerminkan sikap mencintai tanah air.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ISEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Covers all the Integrated Science Education Journal (ISEJ) at the level of primary, secondary, senior, and higher education. The goal of this journal is to bring together researchers and practitioners from academia and industry to focus on Educational advancements and establishing new collaborations ...