Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Volume 2 Nomor 2 Oktober Tahun 2017

ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI PENGAJUAN SKRIPSI DAN TUGAS AKHIR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN ISO 9126

Indriaturrahmi Indriaturrahmi (IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2017

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi mendorong manusia untuk terus berinovasi. Sebagian besar pekerjaan manusia yang masih bersifat manual telah tergantikan dengan komputerisasi atau dibantu dengan komputer. Salah satunya adalah pengajuan skripasi dan tugas akhir mahasiswa. Pada awalnya pengajuan skripsi dan tugas akhir masih dilakukan manual, maka dibangunlah sebuah sistem informasi yang dimanfaatkan untuk membantu memudahkan dalam mengolah data, me-manage, mengawasi dan mencatat segala aktifitas akademik setiap mahasiswa dalam pelaksanaan pengajuan skripsi dan tugas akhir. Namun, sebelum menerapkan sistem tersebut perlu dilakukan beberapa pengujian. Pengujian ini wajib dilakukan untuk mengetahui analisis kebutuhan, desain¸ metode dan pengembangan yang dilakukan. Berberapa model pengujian kualitas perangkat lunak antara lain: McCall’s model, ISO, FURPS, dorbey Model dan sebagainya. Pada penelitian ini peneliti ingin menggunakan ISO 9126 karena pengujian yang dilakukan adalah pada aspek-aspek functionality, realibility, usability, efficency, maintainability, dan portability.Kata kunci: Pengujian Sistem Informasi, Pengujian Dan Tugas Akhri Mahasiswa, ISO 9126, Functionality, Realibility, Usability, Efficency, Maintainability, Dan Portability

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 ...