Sebagian besar proses belajar mengajar yang selama ini digunakan oleh para pengajar adalah dengan menyampaikan materi dengan metode ceramah (konvensional), itu juga yang terjadi di SMPN 2 montong gading kabupaten Lombok Timur sehingga pada saat tanya jawab sebagian siswa sibuk dengan kegiatan masing-masing bahkan sebagian besar relatif diam. .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Networked Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas VII Di Smpn 2 Montong Gading Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penilitian eksperimen dengan one group pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 2 Montong Gading Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok, sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan data t-test. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5%, maka di peroleh hasil penelitian yaitu nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (2,487>2-045). Dengan db (N-1) = 29 dengan kata lain, menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan Ha diterima. Maka dapat di simpulkan bahwa hipotesis Ha berbunyi : Ada Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Networked Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Montong Gading Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019 artinya hasil penelitian ini “signifikan”.
Copyrights © 2019